Minggu, September 30, 2007

Keris Dari Berbagai Sudut Pandang

SEDIKIT DARI SAYA

Terima kasih atas kesediaan Anda berkunjung pada web ini. Amat tinggi penghargaan saya terhadap keinginan, kemauan dan keberanian Anda untuk bersama mempelajari budaya keris. Keberadaan Anda di depan halaman ini, dan KENYATAAN bahwa Anda ada di sini sekarang, merupakan bukti bahwa Anda adalah salah satu Entrepreneurs yang akan mampu dan berhak memperoleh pengetahuan tentang budaya keris nan adi luhung secara benar sesuai porsinya.
Ada beberapa pandangan dalam mempelajari budaya Tosan Aji khususnya keris ini, silahkan anda pahami langkah demi langkah untuk menambah wawasan dan pengalaman anda. Di atas Saya katakan "SECARA BENAR SESUAI PORSINYA" karena pengetahuan tentang keris itu dapat berasal dari berbagai macam sumber, setiap sumber berasal dari berbagai macam pakar, dan setiap pakar berdasar dari berbagai macam selera yang belum tentu sesuai dan benar pada porsi keris sebagai budaya, semoga sumber yang satu ini dapat membawa anda pada pengetahuan tentang keris secara benar sesuai porsinya. Tidak hanya segi eksoteri saja tetapi juga isoteris juga diulas secara wajar dan ilmiah.
Ini adalah pengalaman dan pengetahuan, selangkah demi selangkah, sedikit demi sedikit, harus dipahami dengan rajin dan seksama, barulah kemudian Anda akan merasakan perbedaannya dalam menilai keris-keris anda atau keris-keris yang beredar dimasyarakat. Saya tidak menjanjikan datangnya keahlian dan pemahaman dalam sekian jam atau sekian hari, tetapi kalau Anda mau memahami dan mencermati pengalaman dan pandangan tentang keris ini semoga anda menjadi mampu menilai keris dan melihat keris dari luar dan dalam secara benar. Mungkin setelah dua bulan, mungkin tiga bulan lagi, tergantung kegigihan Anda sendiri. Kemampuan Anda tidak sama dengan kemampuan orang lain, demikian pula pemahaman, semangat, ketekunan dan daya tahan kesabaran Anda. Semakin Anda tekun, semakin cepat kepandaian dan keahlian itu datang.
Keris adalah sebuah karya manusia yang diramu dari berbagai disiplin ilmu, maka tidak mudah untuk menguasainya dalam waktu yang sekejap, apalagi tanpa pengalaman yang memadai .
Semoga Tulisan ini bermanfaat.

Salam,

Tidak ada komentar: